Rapat Kordinasi Saka Pramuka se Kwarcab Demak

Rabu, 26 Februari 2020 di sanggar bakti Pramuka kwarcab Demak, diadakan pertemuan untuk rapat koordinasi pimpinan Saka Pramuka se Kwarcab Demak. Terdapat 12 Saka di Kwarcab Demak antara lain :

  1. Saka Pariwisata
  2. Saka Bayangkara
  3. Saka Wira Kartika
  4. Saka Bahari
  5. Saka Bakti Husada
  6. Saka Kalpataru
  7. Saka Widya Budaya Bakti
  8. Saka Kencana
  9. Saka Taruna Bumi
  10. Saka Bina Sosial
  11. Saka Pustaka
  12. Saka Milenial

untuk Saka Pariwisata dalam pertemuan ini diwakili oleh Kak Ardhito Prabowo SH, MM selaku Ka. Pin Saka Pariwisata dan Kak Eko Zaenudin selaku Pamong Saka. Rakor kali ini membahas tentang tindak lanjut kegiatan Saka selama tahun 2020 dan suport kepada Kwarcab dalam persiapan lomba kwartir cabang se Jawa Tengah. Kemudian disampaikan pula kegiatan yang akan diadakan selama setahun untuk penegak pandega baik ditingkat Kwarcab, Kwarda maupun ditingkat Kwarnas. Mari bergabung di Saka Pariwisata.

Open Recruitment Saka Pariwisata Kwarcab Demak

Dalam rangka peningkatan SDM di bidang kepariwisataan untuk generasi muda. Dinas Pariwisata Kab. Demak mempunyai wadahnya yaitu melalui satuan Karya Pramuka Saka Pariwisata. Saka Pariwisata akan menyelenggarakan penerimaan anggota baru dan kegiatan pelantikan anggota Saka Pariwisata Mijil ke 23. Yang mana kegiatan pelantikan akan direncanakan tanggal 10 – 12 April Tahun 2020 di Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang. Kenapa Desa Lerep dijadikan daerah kunjungan Saka Pramuka Pariwisata tahun ini, karena Desa wisata Lerep oleh Pokdarwis Rukun Santosa menjadi juara 1 dalam pagelaran Jambore Pokdarwis se Jawa Tengah di Tahun 2019.  Latihan rutin Saka Pariwisata d laksanakan setiap hari sabtu pukul 15.00 – selesai di Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Ayo bergabung bersama kami di Saka Pramuka Pariwisata.

” RAPAT STRUKTURAL TINDAK LANJUT RAKOR SATU DATA DEMAK 2020 “


Menindak lanjuti hasil rapat koordinasi open data menuju satu data Demak 2020, yang diselenggaran oleh Dinkominfo maka siang harinya Rabu, 26 Pebruari 2020 bertempat di ruang pertemuan Dinparta langsung ditindak lanjuti dengan rapat internal pejabat struktural Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Agenda rapat membahas tentang hasil rakor open data. Disampaikan oleh sekretaris Dinparta yang hadir dalam rakor bahwa semua OPD harus menginput semua kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, sehingga semua kegiatan di masing- masing OPD selalu terpantau. Termasuk semua kegiata Bupati Demak dapat diakses melalui aplikasi opendata. Kekurangan data Dinas Pariwisata diharapkan masing- masing seksi segera memenuhi kekurangan tersebut. Input kegiatan hanya dapat diinput oleh admin yang sudah ditunjuk. Kegiatan harus dilaporkan pada saat melaksanakan kegiatan dengan bukti foto dan data harus selalu diupdate sesuai kebutuhan. Diharapkan Aplikasi opendata dilaksanakan secar optimal.

“RAKOR OPEN DATA MENUJU SATU DATA DEMAK 2020”


Bertempat di Ruang rapat Wakil Bupati Demak, Rabu 26 Pebruari 2020 berlangsung kegiatan rapat koordinasi open data dan data spasi menuju satu data Demak 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak. Hadir sebagai perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Demak yaitu Sekretaris , Ka. Sub. Bag. Program dan Keuangan serta Admin. Kegiatan menghadirkan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono,.M.Kes. Rakor open data bertujuan untuk mengevaluasi kinerja masing – masing OPD dalam proses pengisian input data masing-masing OPD ke dalam Aplikasi Data Kabupaten.Melalui aplikasi data tersebut semua data dari OPD otomatis akan sama dengan data Kabupaten. Dalam kesempatan tersebut disampaikan kekurangan data masing – masing OPD yang segera dilengkapi. Untuk data Dinas Pariwisata yang harus dipenuhi diantaranya :

  1. Jenis Obyek wisata.
  2. Jumlah Home Stay.
  3. Jumlah hotel Hotel.
  4. Data kunjungan di masing- masing destinasi.
  5. Jumlah wisatawan domestik.
  6. Jumlah wisatawan mancanegara.
  7. Jumlah penyelenggara festival.
    Dari hasil rakor open data menuju satu data Demak 2020 untuk selanjuti dengan rapat internal OPD.

“BUDAYA KERJA 5 MENIT PUNGUT SAMPAH”

Dalam rangka pelaksanaan budaya kerja di Dinas Pariwisata Kabupaten Demak salah satu di antaranya adalah 5 menit pungut sampah setelah apel pagi yang sudah berjalan secara rutin. Seperti suasana pagi Rabu tanggal 26 Februari 2020 usai apel pagi di halaman Dinas Pariwisata seluruh peserta apel tidak terkecuali Kepala Dinas, Sekretaris, Ka.Bid dan pejabat struktural lainnya berbaur bersama dalam kegiatan rutin 5 menit pungut sampah. Beberapa kegiatan yang dilakukan cabut rumput, bersih-bersih sampah. Kegiatan rutin dilaksanakan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kantor, di mana lingkungan kerja bersih akan memberikan kenyamanan dalam menyelesaikan tugas-tugas serta untuk mensukseskan program pemerintah di bidang kesehatan yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.