“SUASANA DI LOKASI PARKIR PARIWISATA DI KADILANGU DEMAK”

Musim penghujan tidak menyurutkan keinginan wisatawan untuk berwisata religi ke makam Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu. Terpantau, pada hari Sabtu 11 Januari 2020 meskipun cuaca tidak bersahabat untuk agenda berwisata, namun di tempat parkir wisata Kadilangu, nampak tetap ramai dipenuhi bus pariwisata. Tempat parkir Kadilangu berkapasitas hanya 20 bus besar. Pada bulan-bulan tertentu parkir akan memenuhi ruas jalan besar oleh karena banyaknya rombongan peziarah yang berasal dari berbagai daerah. Jarak antara tempat parkir dan lokasi makam berjarak 200 meter, dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Melalui penarikan retribusi tempat-tempat parkir pariwisata inilah Dinas Pariwisata Kabupaten Demak memenuhi indikator kerja utamanya yaitu Pendapatan Asli Daerah. Semakin banyaknya rombongan pengunjung semakin meningkat pula pemasukan serta pendapatan Dinas Pariwisata Kabupaten Demak untuk memenuhi target PAD. Semoga di tahun 2020 ini Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dapat memenuhi target utamanya, tentunya didukung dengan promosi-promosi di berbagai daerah maupun media sosial serta kerjasama para petugas penarik retribusi.

“PENGGALANGAN DONASI KORBAN BENCANA BANJIR”

Kabupaten merupakan daerah yang dilalui aliran sungai-sungai besar untuk bermuara ke laut. Curah hujan yang tinggi yang terjadi beberapa bulan ini, mengakibatkan sungai-sungai besar itu, meluap. Luapan air itu, mengakibatkan jebolnya tanggul. Tanggul tidak mampu menahan derasnya aliran air dan volume air yang memenuhi tanggul, selama hujan terus turun. Aliran deras air tersebut, akhirnya masuk ke dalam rumah warga, tepatnya di wilayah Kecamatan Guntur. Korban banjir, banyak kehilangan harta Benda mereka, karena tak sempat menyelamatkan dan mengamankan sebelum banjir datang. Banjir setinggi 1 meter sampai dengan 1,5 meter masuk ke dalam rumah-rumah warga. Untuk itu, diharapkan instansi, lembaga dan pemerintah terkait, untuk dapat saling membantu meringankan beban penderitaan para korban banjir. Bantuan berupa, empati dan simpati, juga berusaha dilakukan dan diupayakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, dengan melakukan penggalangan dana serta pengumpulan donasi yang dilakukan oleh para karyawan dan karyawati Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, yang Alkhamdulillah dapat terkumpul sebesar 2 juta rupiah, untuk selanjutnya diserahkan kepada PMI. Semoga bantuan yang telah diberikan dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi korban bencana banjir.

“DINPARTA TURUT BERPARTIPASI DI DAPUR UMUM PMI”

5 hari Pasca bencana banjir pada hari Selasa, 7 Januari 2020 di Kabupaten Demak tepatnya di wilayah Kecamatan Guntur, kesibukan di dapur umum baik dapur umum BPBD dan kesibukan dapur PMI Kabupaten Demak masih terlihat. Masyarakat sekitar kantor PMI, organisasi masyarakat, BUMD dan perwakilan OPD saling bahu membahu dengan keikhlasan dan senang hati membantu proses penyediaan bantuan berupa makanan untuk para korban bencana banjir. Dinas pariwisata Kabupaten Demak, telah mengatur jadwal untuk membantu di dapur umum dengan 3 shift. Pagi, pukul 05.00 dan 09.00, kemudian pukul 16.00 untuk sore hari. Sudah kewajiban kita untuk saling membantu sodara kita yang terkena musibah, untuk sedikit meringankan beban para korban bencana. Adapun bentuk bantuan tersebut, berupa kegiatan memasak, menyajikan, membungkus nasi dan mendistribusikan kepada korban bencana. Turut terjun ke lokasi dapur umum Sabtu, Januari 2020 Sekretaris Dinas Pariwisata yang baru, Ka.Bid.ODTW dan staff yang ditunjuk. Semoga kebersamaan saling gotong royong memberikan keberkahan untuk kita semua dan para korban bencana senantiasa diberikan keselamatan , kesehatan dan kesabaran dalam menerima musibah. Aamiin.