MAS DAN MBAK DUTA WISATA TAHUN 2019

Hai para pemuda dan pemudi Demak tercinta. Tunjukan aksi dan prestasi anda untuk terlibat dalam ajang Pemilihan mas dan mbak Duta wisata Kabupaten Demak. Yang merasa memenuhi criteria persyaratan segersa daftar ya….! Informasi lebih lanjut mengenai proses akan diperoleh setelah persyaratan masuk ke panitia.

SYAWALAN TAHUN 2019

Sahabatku semua, admin mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Kira kira liburan lebaran kali ini untuk syawalan nya mau kemana nih ?
Sedekah laut merupakan kearifan budaya lokal masayarakat Demak Satu minggu setelah lebaran Idul Fitri, masyarakat Demak menyebutnya dengan “ bodho kupat ” lebaran syawalan tahun ini jatuh pada hari rabu, 12 Juni 2019. Ada 7 lokasi wisata syawalan di Kabupaten Demak, yaitu :
1. Pantai Morosari, Desa Bedono, Kec. Sayung
2. Pantai Istambul, Kec. Karangtengah
3. Pantai Morodemak, Kec. Bonang
4. Pantai Onggojoyo, Desa Wedung, Kec. Wedung
5. Berahan Wetan, Kec. Wedung
6. Bungo, Kec. Wedung
7. Kedung mutih, Kec. wedung

Untuk Syawalan Tahun ini Bupati dan Wakil bupati Berkenan hadir di Larungan sedekah laut di Desa Bungo, Kec. Wedung. Kegiatan ini dimulai dengan kirap dari pendopo baledesa Bungo menuju ke Tpi ( Tempat pelelangan ikan ) dengan Formasi para nelayan lokal didepan dengan memikul perahu yang berisi sesajen yang akan dilarung dilanjutkan barisan andong yang membawa Bupati, wakil Bupati Demak, Ka. Polres , Dandim Demak serta Forkompincam Kec. Wedung. Dalam sambutannya Bupati Demak H. M Natsir menyampaikan bahwa Tradisi Syawalan sedekah laut adalah bentuk rasa Syukur kepada Allah SWT, atas karunia yang diberikan pada masyarakat Demak pada umumnya dan masyarakat bungo pada khususnya, dengan harapan mendatang dikaruniakan kesehatan, selamat, nikmat serta rizki berupa hasil laut yang berlimpah dan tetap selalu ada. Adapun sedekah laut yang berupa potongan kepala kambing serta pelengkap sesaji berupa jajan pasar. Macam macam jenang, bubur , nasi dan ingkung. Setelah prosesi larungan usai kemudian dibagi kan ke semua perahu yang mengiringi larungan sedekah laut yang sebelumnya diiringi do’a do’a oleh sesepuh adat dari nelayan setempat.
Bentuk rasa syukur dan kegembiraan para nelayan diwarnai pula pementasan ketoprak pada malam harinya. Semoga do’a dan harapan senantiasa mendapat Ridho Allah SWT, Amin ya robal alamin. Mari ke Demak de Demak lagi, semoga kedepannya Demak bisa lebih baik dan sejahtera.