Informasi tentang Pariwisata di Demak dalam Genggaman kita

Dalam rangka peningkatan Promosi Pariwisata Kab. Demak di era global dan modern untuk generasi milenial serta jangkauan kepada semua lapisan masyarakat yang lebih luas. Dinas Pariwisata Kab. Demak mengambil langkah dengan menjadikan media sosial sebagai sarana promosi dan informasi yang dapat lebih mudah untuk diakses dan dijangkau khalayak ramai sebelum datang untuk berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Demak. Inovasi media sosial yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak seperti; twitter, instagram dan facebook. Adapun alamat akun instagram yang dapat dijangkau adalah @ayodolan_demak dan untuk akun media sosial facebook serta twitter dapat ditemukan dengan nama ayodolandemak. Diharapkan dengan adanya media sosial yang diprakarsai Dinas Pariwisata Kabupaten Demak ini, dapat memudahkan dan mejangkau semua lapisan masyarakat terutama generasi milenial yang lebih aktif di dunia gadget atau medsos untuk mengetahui info-info terupdate mengenai event atau festival dan perkembangan Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Demak.

Eduwisata Ceria

Antusiasme peserta Eduwisata yang hadir pada tanggal 14 Maret 2020 di Pendopo Satya Bhakti Praja Demak terdengarnya yel-yel yang ditampilkan oleh masing-masing peserta yang hadir dalam kegiatan Eduwisata. Sambutan oleh Bapak Agus Kriyanto, SE, MM selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Nampak semakin meriah dan membuat susasana penug suka cita. Dalam kesempatan kali ini Eduwisata yang mendapat giliran dari SMP N 1 Bonang, SMP N 2 Bonang, SMP N 3 Bonang dan MTs NU Demak. Masing-masing sekolah menampilkan seni khas yang mereka miliki. Penampilan angklung ditampilkan oleh MTs NU Demak dengan begitu apik dan spektakuler, disusul kemudian dengan penampilan tari dan semaphore dari SMP N 1 Bonang, tak mau kalah juga SMP N 2 Bonang menampilkan tari Zapin, dan SMP N 3 Bonang dengan tari sesonderan.


Setelah penampilan dari peserta didik dari tiap sekolah yang hadir, acara dilanjutkan dengan pengenalan ruang Dinas Bupati Demak yang dipandu oleh Kakak Eko Zaenudin dan kakak Widodo. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan perjalanan ke taman sukosari yang masih di kegiatan berakhir dengan penjelasan tentang kolelsi Museum Glagah Wangi binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Demak yang dipandu oleh kakak Widodo. Diharapkan dengan adanya kegiatan Eduwisata ini, peserta didik diharapkan mampu mengenal Potensi Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Demak sejak dini dengan lebih mudah utnuk ditangkap dan dipahami oleh anak-anak, sehingga dapat menumbuhkan rasa kecintaan generasi muda dalam menjaga dan mencintai destinasi wisata serta budaya khas lokal khususnya di Kabupaten Demak.

Menghias Taman Kali Tuntang


Dalam rangka hari Korpri dan PGRI tahun 2019 di Kab. Demak , Pemkab Demak mengadakan kegiatan lomba, salah satu diantaranya ada kegiatan lomba menghias taman kali tuntang. Kali tuntang pada sejarahnya dulu digunakan sebagai benteng perlindungan alami Kasultanan Demak. Taman kali tuntang saat ini beralih fungsi terletak pada lokasi yang strategis antara Pendopo kabupaten dan masjid agung Demak. maka dari itu ada peluang jika dikelola dengan baik taman kali tuntang ini bisa dijadikan kawasan wisata disekitar masjid agung demak, museum masjid agung demak dan alun alun simpang 6 Demak, Untuk mensiasati agar taman kali tuntang lebih terlihat tertata dan rapi maka diadakan lomba menghias taman kali tuntang dengan peserta dari semua OPD dengan pembagian tempat yang proporsional.

Untuk Dinas Pariwisata Kab. Demak mendapat jatah tempat di area sebelah Jembatan jalan bayangkara, Dengan membuat kapal sebagai ikon bahwa Demak sebagai Negara Agraris dan Raja Demak yang ke dua Sultan Patiunus dulu dikenal dengan sebutan Pangeran sabrang lor yang konon diceritakan mampu mengusir Penjajah Portugis dari selat malaka. Semoga dalam lomba ini Dinas Pariwisata bisa memberikan yang terbaik, selain itu hal yang lebih besar agar taman kali tuntang lebih asri dan indah untuk lebih layak dikunjungi para wisatawan dalam menikmati keindahannya.

“ABIWARA PARIWISATA TAHUN 2019”

Pemerintah provinsi sangat memperhatikan atas petumbuhan kepariwisataan di Jawa tengah yang selalu berkembang secara signifikan. Bentuk penghargaan pemerintah kepada para pelaku pariwisata adalah abiwara pariwisata yang setiap tahun diberikan. Pada tahun 2019 pemberian penghargaan diselenggarakan di alun- alun Kabupaten Kebumen pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019. Kegiatan diawali dengan penilaian even bersama 6 penampiln terbaik se eks karisidenan se jawa tengah. Yang berlangsung pada hari jum’at tanggal 4 oktober 2019. Kabupaten demak yang mewakili Pakudjembara diwakili oleh sanggar seni Kademangan, Bonang yang menjadi juara I pada even Pakudjembara di kabupaten kudus pada tanggal 3 mei 2019 beberapa waktu yang lalu. Sebelum acara dibuka tamu undangan disuguhkan dengan tari jebetan persembahan dari kabupaten Kebumen dan tari jateng gayeng gatra budaya Jawa tengah. Acara even bersama dihadiri oleh pejabat di lingkungan Disporapar Provinsi Jawa tengah, bupati kebumen yang wakili oleh sekretaris daerah Kabupaten Kebumen, perwakilan 6 Dinas Pariwisata eks karisidenan se Jawa tengah , kepala OPD se Kabupaten Kebumen.


Acara dibuka oleh sekretaris daerah Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, SH. Dalam sambutannya membacakan sambutan bupati Kebumen bahwa even bersama ini suatu kesempatan yang diberikan pemerintah kepada seniman tari agar dapat meng ekspresikan kreatifitas seni dibidang tari. Berharap kedepan segala bentuk budaya seni sebagai warisan leluhur tetap terjaga kelestariannya. Satu persatu peserta even menampilkan tarian terbaiknya .penampil yang pertama oleh kabupaten purbalingga mewakili barlingga mas cakep dengan tari ranggawis. Penampil yang ke 2 perwakilan dari pakudjembara oleh Kabupaten Demak dengan tari babat glagah wangi dari sanggar tari kademangan Bonang. Penampil yang ke 3 oleh kabupaten Purworejo mewakili purwo manggung dengan tari jaranan ndolalak. Penampil ke 4 oleh kabupaten pekalongan mewakili sapta mitra pantura dengan tari trilogi batik. Penampil yang ke 5 mewakili kedingsepur dari kota semarang dengan tari tambak lorok dan penampil ke 6 mewakili subo suka wanasraten dari kota solo dengan tari rampak nusantara. Dari penilaian tim yuri oleh isi solo menetapkan para juara penampilan terbaik sebagai berikut :
1. Juara I oleh kota semarang
2. Juara II oleh kota solo
3. Juara III oleh Kab. Purbalingga
4. Juara harapan I Kab. Purworejo.
5. Juara harapan II Kab.Pekalongan.
6. Juara harapan III Kab. Demak.

Pada hari sabtu kepala Dinas Pariwisata Kab.Demak hadir dalam acara ABIWARA pariwisata dan menerima piala penghargaan walaupun sebagai juara harapan III. Dengan pengalaman tersebut diharapkan untuk bekal tahun mendatang dapat memberikan yang terbaik untuk pemerintah Kabupaten Demak.

” KUNJUNGAN MESRA MAJELIS PENGURUSAN KOMUNITE KAMPUNG SERICHEDING SELANGOR MALAYSIA “


Rabu 25 September 2019 Kabupaten Demak mendapat kunjungan 20 peserta wisatawan dari Majelis Bapak . Agus supriyanto SH. Bapak Abdul majelis Pengurusan Komunite Kampung Sericheding Selangor Malaysia. Rombongan diprakarsai oleh salah seorang warga yang berasal dari Desa Tambakbulusan Karang Tengah Demak yang sudah menetap dan menjadi WNA Malaysia. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Demak di pendopo Kabupaten Demak. Dalam acara ceremonial rombongan diwakili oleh ketua Majelis yaitu Bapak Abdul Majid.


Majelis pengurusan komunite kampung sercheding selangor malaysia menyampaikan maksud dan tujuan KUNJUNGAN MESRA PEMANGKIN HUBUNGAN NEGARA MALAYSIA INDONESIA. Adalah untuk ajang silaturohmi kedua Negara Malaysia dn Indonesia yang mempunyai banyak kesamaan baik dari bahasa maupun budaya. Rombongan akan berada di Demak selama 5 hari dari tanggal 25 September s.d 29 September 2019. Budaya – budaya, hubungan kemasyarakatannya, kegiatan- kegiatannya serta pengelolaan makam – makam Wali yang dapat diadopsi di Malaysia oleh karena makam- makam wali di Malaysia dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan yang baik. Dalam sambutan penerimaanya Bupati Demak H. M.Natsir menyambut baik rombongan dan berharap silaturohmi ini akan berlanjut untuk tahun selanjutnya dengan membawa rombongan yang lebih banyak. Beliau berpesan setelah dari Demak dapat dipromosikan pula destinasi wisata Demak, baik reliji, bahari dan mangrovenya serta oleh- oleh sebagai souvenir diantaranya batik Demak, buah jambu dan blimbingnya. Acara penyambutan diakhiri dengan saling tukar cinderamata dan foto bersama. Dan rombongan melanjutkan kunjungan di destinasi wisata religi yang pertama yaitu ke Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak dengan Lokal Guide Bapak Ardhito Prabowo , SH. MM. selaku Ka. Bid. Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.