“ABIWARA PARIWISATA TAHUN 2019”

Pemerintah provinsi sangat memperhatikan atas petumbuhan kepariwisataan di Jawa tengah yang selalu berkembang secara signifikan. Bentuk penghargaan pemerintah kepada para pelaku pariwisata adalah abiwara pariwisata yang setiap tahun diberikan. Pada tahun 2019 pemberian penghargaan diselenggarakan di alun- alun Kabupaten Kebumen pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019. Kegiatan diawali dengan penilaian even bersama 6 penampiln terbaik se eks karisidenan se jawa tengah. Yang berlangsung pada hari jum’at tanggal 4 oktober 2019. Kabupaten demak yang mewakili Pakudjembara diwakili oleh sanggar seni Kademangan, Bonang yang menjadi juara I pada even Pakudjembara di kabupaten kudus pada tanggal 3 mei 2019 beberapa waktu yang lalu. Sebelum acara dibuka tamu undangan disuguhkan dengan tari jebetan persembahan dari kabupaten Kebumen dan tari jateng gayeng gatra budaya Jawa tengah. Acara even bersama dihadiri oleh pejabat di lingkungan Disporapar Provinsi Jawa tengah, bupati kebumen yang wakili oleh sekretaris daerah Kabupaten Kebumen, perwakilan 6 Dinas Pariwisata eks karisidenan se Jawa tengah , kepala OPD se Kabupaten Kebumen.


Acara dibuka oleh sekretaris daerah Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, SH. Dalam sambutannya membacakan sambutan bupati Kebumen bahwa even bersama ini suatu kesempatan yang diberikan pemerintah kepada seniman tari agar dapat meng ekspresikan kreatifitas seni dibidang tari. Berharap kedepan segala bentuk budaya seni sebagai warisan leluhur tetap terjaga kelestariannya. Satu persatu peserta even menampilkan tarian terbaiknya .penampil yang pertama oleh kabupaten purbalingga mewakili barlingga mas cakep dengan tari ranggawis. Penampil yang ke 2 perwakilan dari pakudjembara oleh Kabupaten Demak dengan tari babat glagah wangi dari sanggar tari kademangan Bonang. Penampil yang ke 3 oleh kabupaten Purworejo mewakili purwo manggung dengan tari jaranan ndolalak. Penampil ke 4 oleh kabupaten pekalongan mewakili sapta mitra pantura dengan tari trilogi batik. Penampil yang ke 5 mewakili kedingsepur dari kota semarang dengan tari tambak lorok dan penampil ke 6 mewakili subo suka wanasraten dari kota solo dengan tari rampak nusantara. Dari penilaian tim yuri oleh isi solo menetapkan para juara penampilan terbaik sebagai berikut :
1. Juara I oleh kota semarang
2. Juara II oleh kota solo
3. Juara III oleh Kab. Purbalingga
4. Juara harapan I Kab. Purworejo.
5. Juara harapan II Kab.Pekalongan.
6. Juara harapan III Kab. Demak.

Pada hari sabtu kepala Dinas Pariwisata Kab.Demak hadir dalam acara ABIWARA pariwisata dan menerima piala penghargaan walaupun sebagai juara harapan III. Dengan pengalaman tersebut diharapkan untuk bekal tahun mendatang dapat memberikan yang terbaik untuk pemerintah Kabupaten Demak.

” KUNJUNGAN MESRA MAJELIS PENGURUSAN KOMUNITE KAMPUNG SERICHEDING SELANGOR MALAYSIA “


Rabu 25 September 2019 Kabupaten Demak mendapat kunjungan 20 peserta wisatawan dari Majelis Bapak . Agus supriyanto SH. Bapak Abdul majelis Pengurusan Komunite Kampung Sericheding Selangor Malaysia. Rombongan diprakarsai oleh salah seorang warga yang berasal dari Desa Tambakbulusan Karang Tengah Demak yang sudah menetap dan menjadi WNA Malaysia. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Demak di pendopo Kabupaten Demak. Dalam acara ceremonial rombongan diwakili oleh ketua Majelis yaitu Bapak Abdul Majid.


Majelis pengurusan komunite kampung sercheding selangor malaysia menyampaikan maksud dan tujuan KUNJUNGAN MESRA PEMANGKIN HUBUNGAN NEGARA MALAYSIA INDONESIA. Adalah untuk ajang silaturohmi kedua Negara Malaysia dn Indonesia yang mempunyai banyak kesamaan baik dari bahasa maupun budaya. Rombongan akan berada di Demak selama 5 hari dari tanggal 25 September s.d 29 September 2019. Budaya – budaya, hubungan kemasyarakatannya, kegiatan- kegiatannya serta pengelolaan makam – makam Wali yang dapat diadopsi di Malaysia oleh karena makam- makam wali di Malaysia dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan yang baik. Dalam sambutan penerimaanya Bupati Demak H. M.Natsir menyambut baik rombongan dan berharap silaturohmi ini akan berlanjut untuk tahun selanjutnya dengan membawa rombongan yang lebih banyak. Beliau berpesan setelah dari Demak dapat dipromosikan pula destinasi wisata Demak, baik reliji, bahari dan mangrovenya serta oleh- oleh sebagai souvenir diantaranya batik Demak, buah jambu dan blimbingnya. Acara penyambutan diakhiri dengan saling tukar cinderamata dan foto bersama. Dan rombongan melanjutkan kunjungan di destinasi wisata religi yang pertama yaitu ke Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak dengan Lokal Guide Bapak Ardhito Prabowo , SH. MM. selaku Ka. Bid. Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.

” ROADSHOW PROMOSI PARIWISATA KEDUNGSEPUR DI ” PANTAI MOR ” SAYUNG DEMAK “


Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Bappeda se KEDUNGSEPUR yaitu Kendal, Demak, Ungaran, Kota Semarang, Kota Salatiga, Purwodadi (Grobogan) setiap 2 bulan. Kegiatan ini adalah Road Show Promosi Pariwisata. Pada hari Selasa , tanggal 24 September 2019 Bappeda Demak sebagai fasilitas pertemuan Roadshow dan bertempat di Rumah Makan Apoeng Pantai Morosari Sayung. Dengan mengambil Tema : ” SINERGITAS KUNJUNGAN WISATA BAGI PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK (TK ) DAN SEKOLAH DASAR ( SD ) SEWILAYAH KEDUNGSEPUR “.


Kegiatan dihadiri oleh sekitar 90 peserta terdiri dari perwakilan Bappeda dan Dinas Pariwisata / Pelaku Usaha Pariwisata se Kedungsepur. Kegiatan juga diisi dengan table Top masing – masing perwakilan 6 Kabupaten / Kota. Acara dibuka oleh Plt. Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Hadi Waluyo SPd. MM. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pertemuan Roudshow disamping sebagai ajang silaturohmi juga sebagai kesempatan untung saling shering pengalaman utk. pengembangan kepariwisataan se Kedungsepur. Kegiatan menghadirkan Narasumber Bpk. Kirno Direktur PT Wisata Borobudur Indah Magelang dengan thema Sinergitas Pengembangan Pariwisata Acara berakhir pada pukul 13.00 Wib. dilanjutkan dengan kunjungan Ke Makam Syeh Mudzakir adalah Makam yang menyimpan misteri karena meskipun terletak di tengah laut tapi tak pernah tenggelam oleh air laut, dan untuk roadshow selanjutnya akan diselenggarakan di Kota Salatiga.

PPELATIHAN PELAKU USAHA PARIWISATA KULINER KAB. DEMAK


40 pengusaha kuliner yang tergabung dalam Paguyuban Pengusaha Kuliner Pariwisata Demak ( P2KPD ) hari ini selasa tanggal 17 September 2019 bertempay di RM.TDNAH JAWA bengikuti pelatihan yang dofadilitasi oleh seksi SDM dan Ekonomi Kreatif pada bidang ODTW dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Kegiatan ini bertujuan untuk ajang silaturohmi para pengusaha kuliner Demak dalam rangka saling sharing ilmu maupun pengalaman untuk lebih memajukan usahanya serta guna mendukung perkembangan kepariwisataan kab. Demak. Acara di buka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten mewakili Kepala Dinparta. Dalam sambutannya Bekti Utomo, SH, M.H menyampaikan bahwa ke depan akan dibuatkan aplikasi kuliner Demak. Materi yang disajikan meliputi :
1. Kebijakan Pemkab. Demak yaitu Peraturan Bupati Demak Nomor 37 tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Pajak Restoran yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Bapak Agus Kriyanto, SE, MM.
2.Pelayanan Prima (Excellent Service ) oleh ketua Paguyuban Pengusaha Kuliner Demak Bapak H.Santoso dari Sarwo Eco.
3. Materi Kiat -Kiat Sukses usaha kuliner oleh Bapak Sofani dari RM. Tanah Jawa. Diharapkan kedepan kuliner Demak dapat berkembang dengan baik dapat bersaing dengan sehat dan dapat memajukan pariwisata Kabupaten Demak, Dinas Pariwisata selalu mensuport mempromosikan kuliner Demak selaku pelaku usaha pariwisata Demak.

” EDUWISATA PERDANA DENGAN KA. DINPARTA YANG BARU “


Kegiatan rutin setiap Sabtu pagi di Pendopo Kabupabaten Demak diisi dengan Wisata Edukasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak bekerjasama dengan OPD terkait yang tergabung dalam Tim Pendamping Wisata Edukasi Kabupaten Demak. Pagi itu Sabtu tanggal 14 September 2019 yang menjadi peserta adalah SMP N 1 Karanganyar, SMP N 2 Karanganyar, SMP N 1 Karangtengah, SMP N 2 Karang Tengah dan MTs Nurul Huda Dempet. Pendopo terisi penuh siswa siswi dari ke 5 sekolahan setingkat SLTP. Untuk yang perdana Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak yang baru sejak dilantiknya Bapak Agus Kriyanto, SE, MM pada tanggal 12 September 2019 yang lalu berkenan hadir memberikan arahan kebijakan kepariwisataan kepada seluruh peserta. Diharapkan masyarakat Demak dapat mengenal lebih dekat serta turut serta mempromosikn destinasi wisata Kabupaten Demak melalui sosial media ditengah – tengah generasi muda milenial. Kegiatan juga diisi tampilan dari masing-masing peserta diantaranya :
1. SMPN 2 Karang Tengah : Paduan suara.
2. SMPN 1 Karang Tengah : Tari Simapur dan kewer- kewer.
3. SMPN 1 Karanganyar : Yel – Yel.
4. SMPN 2 Karanganyar : Tari guruku tersayang.
5.MTs Nurul.Huda Demapet : Tari Modern.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan lagu wisata edukasi serta pengenalan pendopo yang dipandu oleh Kakak Eko dan dibantu adik-adik Saka pariwisata. Dalam kesempatan tersebut Bapak Bupati Demak H. M.Natsir masih dapat menyempatkan waktu untuk sekedar berfoto bersama dengan peserta.