Sedekah Laut di Moro Demak

Kegiatan Sedekah laut di kawasan Pantai Moro Demak adalah kearifan budaya lokal yang diadakan setiap tanggal 7 Syawal. namun karena terbitnya Surat Edran dari Bupati Demak tentang peniadaan Kegiatan Syawalan di wilayah Kabupaten Demak. Kegiatan sedekah bumi ini tetap dilaksakana namun secara tertutup dan tidak dibuka secara umum, hanya dilaksanakan oleh tokoh masyarakat untuk membawa larungan ketengah laut. selain hal tersebut juga ada pendampingan dari pihak yang berwajib dan Pos Angkatan Laut. Semoga di tahun Depan kita bisa bersyawalan bersama.

Kunjungan ke Ahli waris Sunan kalijaga di Kadilangu

Dalam persiapan New Normal Dinas Pariwisata Kabupaten Demak melakukan kunjungan serta silaturahim ke Ahli waris Sunan Kalijaga di Kadilangu. Dalam kunjungannya bapak Agus Kriyanto, SE, MM selaku Kepala Dinas Pariwisata bersama Sekretaris dan Kepala Bidang sekaligus berkordinasi persiapan New Normal apa bila di mungkinkan di buka kembali Destinasi Wisata Religi di Kadilangu yang mana harus menyesuaikan Protokoler kesehatan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan Kegiatan Grebeg Besar yang salah satu prosesinya ada kegiatan Ziarah dan kirab Prajurit 40 dari Pendopo kabupaten Demak ke Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu. Tanggapan dari ahli waris akan mengikuti arahan pmerintah sekaligus melihat perkembangan kondisi yang terjadi. Untuk Penjamasan akan tetap dilakukan namun secara kekeluargaan dan tidak dibuka untuk umum. Semoga di Tahun depan bisa kembali normal sehingga kearifan BUdaya lokal Kab, Demak tetap bisa di lestarikan.

Penggantian Bibit Kurma

Berlokasi di wilayah parkir Tembiring Jogo Indah, bertepatan dengan hari Lahirnya Pancasila pada hari Senin, tanggal 1 Juni 2020, telah dilakukan penggantian bibit pohon Kurma yang sudah mati, sekaligus pemasangan infus water serta pagar bambu disekitar pohon. Tujuan pemasangan infus water dilakukan untuk menjaga asupan nutrisi bagi pohon Kurma untuk dapat tetap berkembang dengan baik selagi musim kemarau datang, karena jarangnya hujan turun, sedangkan untuk pemasangan pagar bambu ini, bertujuan untuk menjaga tanaman Kurma untuk tetap aman dari serangan Kerbau dan kambing ternak milik warga yang tengah digembala disekitar Tembiring Jogo Indah. Diharapkan dengan adanya penggantian bibit pohon Kurma yang telah mati, dan metode perawatan tanaman, berupa infus water serta pemasangan pagar bambu, dapat memperpanjang masa hidup pohon Kurma, sehingga suasana asri dan teduh dapat dirasakan dampak kedepannya oleh para wisatawan yang datang nanti.

Peniadaan Syawalan di Tahun 2020

Ditengah Pandemi Covid 19 ini, Pemerintah Kab. Demak mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan kegiatan Syawalan di Tahun 2020 ini. Pemerintah Kab. Demak mengeluarkan Surat Edaran No : 440.1/14 Tahun 2012 tentang kegiatan Even Budaya Syawalan Tahun 1441 H/ 2020 m di wilayah Kabupaten Demak. Hal ini dilakukun bukan lain untuk meminimalisir kerumunan Peniadaanmasa sehingga penularan covid 19 bisa di tekan. Surat Edaran tersebut di e darkan ke seluruh OPd, Kecamtam dan panitia pelaksana serta Desa yang mengadkan budata Syawalan se Kabupaten Demak. Selain hal tersebut juga perlu kesadaran dan kedisiplinan masyarakat Demak untuk tetap :

  1. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,
  2. Memakai masker saat beraktivitas
  3. Tetap dirumah
  4. Makan makanan bergizi dan berimbang
  5. Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Mari kita jaga Bersama keselamatan masyarakat Kab. Demak. Semoga Allah SWT selalu meridhoi usaha kita semua.

PIKET TUTUP ALUN ALUN SIMPANG 6 DEMAK

Untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid 19, Dinas Pariwisata Kab. Demak bekerjasama dengan Polres Kab. Demak dalam penutupan menuju ke alun alun simpang 6 Demak. Karena Alun alun Simpang 6 Demak biasanya sering digunakan masyarakat Demak sebagai tempat umum sehingga perlu dibatasi dalam masyarakat berkerumun, selain hal tersebut Masjid Agung Demak untuk sementara tidak dibuka untuk umum. Kegiatan piket ini dilaksakan hari jum’at – minggu dari pukul 18.00 – 23.00. Semoga kita senantiasa diberi keselamatan, aamiin