“PENANDA TANGANAN PAKTA INTEGRITAS”

Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja kepala OPD dengan Bupati Demak yang selanjutnya harus ditindak lanjuti perjanjian kinerja dan pakta integritas para pejabat di bawah kepala Dinas. Dalam apel pagi senin 20 Januari 2020 berlangsung pula penanda tanganan perjanjian kerja dan pakta integritas pejabat serta staff Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Sekretaris, Kepala Bidang dengan Kepala Dinparta, Kepala Seksi/Bagian, dengan Kepala Bidang dan Staff dengan Kepala Seksi/Bagian. Dalam arahannya kepala Dinparta menyampaikan dengan penanda tanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas sebagai tolok ukur Penilaian kinerja ASN yang meliputi: komitmen, integritas, akuntabilitas dan transparasi, serta untuk mengukur berhasil tidaknya kinerja yang telah disepakati. Dengan perjanjian dan pakta integritas yang telah ditanda tangani diharapkan semua pegawai dapat meningkatkan kinerja masing-masing sehingga apa yang diterima sebagai take home pay benar-benar sudah sesuai dengan apa yang dikerjakan, serta apa yang menjadi tujuan suatu OPD dapat teralisasi tepat waktu, tepat sasaran dan sesuai yang telah direncanakan.

“WISATA EDUKASI PERDANA DI TAHUN 2020″

Wisata Edukasi bagi Pelajar di Kabupaten Demak adalah Program unggulan bapak Bupati Demak. Wisata edukasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan Potensi Wisata dan kearifan Budaya lokal yang ada di kabupaten Demak. Sabtu, 18 Januari 2020 adalah kegiatan Wisata Edukasi perdana di tahun 2020 ini, yang direncanakan ada 27 Kegiatan Wisata edukasi di Tahun 2020 ini. Acara di pagi itu pun dibuka oleh Ibu Endang selaku Ka. Sie Kemitraan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Beliau menyapa para siswa dengan ramah dan penuh semangat. Seluruh siswa terlihat antusias mendengar sapaan beliau, terlebih ketika beliau memperkenalkan beberapa pengampu acara yang hadir di pagi tersebut. Ada beberapa narasumber yang datang hari itu untuk mengisi acara Eduwisata di Pendopo Kabupaten Demak. Di antaranya adalah, kedatangan Bapak Agus Kriyanto SE, MM selaku kepala Dinas Kabupaten Demak, kemudian ada Bapak Wagiyo selaku Takmir Masjid Agung Demak, terlihat pula kehadiran Bapak Ardhito Prabowo SH, MM selaku Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Dilengkapi dengan hadirnya Bapak Widodo selaku kepala Museum Glagah Wangi, dan adapula Ibu Dyah Purwani Setianingsih selaku pencipta tari Bedhaya Tunggal Jiwa yang biasa dipentaskan di Pendopo Kabupaten Demak ketika acara Grebeg Besar tengah berlangsung di Demak.

Situasi bertambah riuh dan semangat ketika Kakak Eko Zaenudin selaku perwakilan Saka Pariwisata mengisi sesi pengenalan ruang lingkup Pendopo Kabupaten Demak bersama Bapak Widodo. Seluruh peserta Eduwisata diajak mengenal lebih jauh beberapa tempat dan ruangan yang terdapat di dalam Pendopo sebagai rumah Dinas bapak Bupati Demak, termasuk berkeliling taman Sukosari yang terdapat air mancur yang berdiri di atas kolam yang berisi penuh dengan ikan mas berwarna jingga. Setelah anak-anak puas mendapat pengetahuan wisata akan Masjid Agung Demak dari Bapak Wagiyo sebelumnya, lalu berkeliling area Pendopo, destinasi penutup dari acara Eduwisata perdana di tahun 2020, dilanjutkan dengan penjelasan tata kota Kabupaten Demak yang penuh dengan nilai Historis dan Ideologis. Kegiatan ini berakhir di Museum Glagah Wangi yang dipandu oleh Bapak Widodo. Ayo kenali Demak Kota Wali, kunjungi Kotamu sebelum berkunjung ke daerah lain. perwakilan Saka Pariwisata mengisi sesi pengenalan ruang lingkup Pendopo Kabupaten Demak bersama Bapak Widodo. Seluruh peserta Eduwisata diajak mengenal lebih jauh beberapa tempat dan ruangan yang terdapat di dalam Pendopo sebagai rumah Dinas bapak Bupati Demak, termasuk berkeliling taman Sukosari yang terdapat air mancur yang berdiri di atas kolam yang berisi penuh dengan ikan mas berwarna jingga. Setelah anak-anak puas mendapat pengetahuan wisata akan Masjid Agung Demak dari Bapak Wagiyo sebelumnya, lalu berkeliling area Pendopo, destinasi penutup dari acara Eduwisata perdana di tahun 2020, dilanjutkan dengan penjelasan tata kota Kabupaten Demak yang penuh dengan nilai Historis dan Ideologis. Kegiatan ini berakhir di Museum Glagah Wangi yang dipandu oleh Bapak Widodo. Ayo kenali Demak Kota Wali, kunjungi Kotamu sebelum berkunjung ke daerah lain.

“PEMBINAAN PETUGAS PEMUNGUT RESTRIBUSI DAN PETUGAS KEBERSIHAN KABUPATEN DEMAK”

Yakin bisa pasti bisa dan yakinlah kita mampu untuk melaksanakannya. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Tahun 2020 mempunyai tugas yang berat untuk meningkatkan PAD yang ditargetkan tahun ini tembus 5 Milyar. Untuk meningkatkan dan percepatan pencapaian target dinas Pariwisata mengadakan Pembinaan kepada Petugas Retribusi yang menjadi ujung tombak, Jum’at tanggal 17 Januari 2020 di buka oleh Ibu Kurnia Zauharoh, SE, MM selaku sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Demak dengan pekikan semangat yang mampu membangkitkan semangat lebih karyawan. Sesi acara berikutnya dilanjutkan oleh penyampaian materi oleh Bapak Agus Kriyanto SE, MM, selaku kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.

Inti dari pemaparan dalam pembinaan Ka. Dinas Pariwisata menghimbau para petugas pemungut retribusi agar lebih giat dan disiplin dalam melakukan tugasnya di beberapa lokasi destinasi wisata Demak, dengan harapan dari pemasukan retribusi tersebut mampu menjadi salah satu sumbangsih terbesar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Beliau pun menghimbau dan meminta bagian petugas kebersihan, agar bergerak lebih cepat dan tanggap dalam menyikapi masalah sampah di lingkup destinasi wisata Demak, hingga mampu mempertahankan keindahan serta kebersihan destinasi wisata yang akan tetap membuat wisatawan nyaman melakukan kunjungan terus menerus ke destinasi-destinasi wisata yang berada di Kabupaten Demak tercinta. Untuk itu, marilah terus pupuk semangat membangun Demak lebih maju kedepannya. Berat sama dipikul dan ringan sama di jinjing pasti bisa.

“RANGKING TERTINGGI BENDERA HIJAU TAMAN KALI TUNTANG DINPARTA”

            Jerih payah Tim Kreator Dinparta untuk Taman Kali Tuntang yang di prakarsai oleh Saudara Solikin DKK telah membuahkan hasil yang memuaskan. Bertempat di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Demak, Jum’at 17 Januari 2020 berlangsung Upacara 17 an bulan Januari 2020. Sudah menjadi agenda rutin, adalah pengumuman hasil penilaian Taman Kali Tuntang oleh tim yuri yang dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2020 serta diumumkan  tanggal 17 setiap bulannya pada saat upacara 17 an.  Penilaian dilakukan 2 kali yaitu pagi hari dan sore/ malam hari. Kriteria penilaian meliputi :

1 . Kreativitas / inovasi Taman.

2 . Kebersihan taman.

3.  Kenyamanan.

             Berdasarkan penilaian tersebut telah mengahantarkan Dinas Pariwisata menempati Rangking tertinggi Taman Kali Tuntang. Dari keselurah penilaian ke 30 OPD hasilnya sebagai berikut :

1. 11 OPD katagori sudah bagus dengan perolehan bendera Hijau.

2. 13 OPD katagori dengan perolehan bendera kuning.

3. 4 OPD katagori dengan perolehan bendera merah.

4. 2 OPD katagori masih perlu mendapat perhatian dengan perolehan bendera hitam.

Pemegang Bendera Hijau :

1. Dinas Pariwisata.

2. Seekretariat Daerah Kab.Demak

3. Dinpermades P2KB

4. Dinas Lingkungan Hidup.

5. Dinputaru

6. BPKPAD

7. DKK

8. Dinas Perhubungan

9. PGRI

10. BAPPEDA

12. DINDIKBUD.

komposisi bendera akan selalu berubah-ubah berdasarkan hasil kreativitas dan komitmen masing-masing OPD setiap bulannya. Hasil usaha yang tak sia-sia dengan adanya kekompakan bersama-sama sesuai jadwal piket harian untuk bertugas pemeliharaan Taman Kali Tuntang sehingga setiap saat selalu terjaga kebersihannya dan otomatis memberi kenyamanan pengunjuk terbukti dengan banyaknya pengunjuk untuk berfoto dengan spot-spot foto yang menarik tentunya. ” BERSAMA PASTI KITA BISA “

Mari Kunjungi Anjungan Kabupaten Demak di Puri Maerokoco Semarang

Anda suka berwisata, jangan lupa kunjungi anjungan Demak di Puri Maerokoco, PRPP Semarang. Matahari bersinar terang, diiringi arakan awan di langit biru, Dinas Pariwisata Kabupaten Demak yang dipimpin oleh Ibu Umi Kulsum, S.Sos selaku Ka. Sie Informasi dan pelayanan pariwisata beserta staff melakukan kunjungan ke Puri Maerokoco Semarang, pada tanggal 15 Januari 2020, dengan agenda observasi sekaligus melihat dan memastikan isi, beserta ornamen replika masjid Agung Demak serta rumah adat Kabupaten Demak dalam keadaan baik dan layak untuk dikunjungi. Setibanya di anjungan Kabupaten Demak kita disuguhkan dengan rumah adat Kabupaten Demak, yang di dalamnya terdapat ornamen, batik khas Demak dan souvenir khas Demak. Monggo bagi yang penasaran bisa dikepoin dan langsung berkunjung kesana, jangan lupa ajak teman dan saudara anda biar tambah rame. Jangan lupa berkunjung yaa ke anjungan Demak di Puri Maerokoco, PRPP Semarang.